September
08
2017
     15:50

Riset Inside Id: Wanita Lebih Gemar Bermain Game Dibanding Pria

Riset Inside Id: Wanita Lebih Gemar Bermain Game Dibanding Pria
Publisher
Contributor
Administrator
Administrator Pressrelease ID
Attachment(s)
— No Files —

JAKARTA- Wanita meluangkan lebih banyak waktu untuk bermain game daripada pria. Pernyataan itu didasarkan pada hasil riset yang dirilis oleh Inside ID, sebuah lembaga riset pemasaran yang berbasis di Jakarta. Riset yang dilakukan pada Semester I tahun 2017 ini melibatkan 248 responden. Dari riset Inside ID ditemukan fakta bahwa 75% wanita mengaku bermain game dalam seminggu terakhir, sedangkan pria hanya sekitar 67%.

“Berdasar data tersebut, pria dan wanita sama-sama gemar bermain game. Hanya saja, wanita sedikit lebih tinggi dibandingkan pria,” ujar Andres Christian, Head of Business Unit Inside ID pada September 2017.

Uniknya, menurut Andres, 75% wanita yang menyempatkan diri bermain game justru berasal dari rentang usia produktif, yakni 25-35 tahun. Biasanya pada rentang usia ini, para wanita berada di puncak produktivitas, baik di urusan rumah tangga maupun urusan pekerjaan.

Hasil riset Inside ID juga menunjukkan bahwa bermain game menjadi solusi bagi para wanita untuk mengisi waktu luang dan mengusir kepenatan mereka terhadap rutinitas sehari-hari. Ditambah lagi, industri game mulai ramah terhadap kaum wanita dengan kehadiran beragam jenis game dan platform game, hal itu menambah kemudahan dari segi fleksibilitas waktu memainkan game. Genre game yang menjadi favorit para wanita adalah adventure atau petualangan (54%) dan strategi (52%).

“Wanita menyukai game yang memiliki alur cerita, seperti pada genre petualangan atau adventure. Wanita juga menyukai game yang sifatnya killing time karena biasanya game ini dimainkan di saat mereka sedang tidak ada kerjaan atau sedang menunggu. Ditambah, wanita juga menyukai game yang sifatnya berlanjut atau continuous,” jelas Andres.

Untuk kategori platform bermain game yang digemari para wanita, Andres menjelaskan bahwa mayoritas wanita (85%) bermain game di smartphone.Terdapat pula wanita yang bermain game di Personal Computer (PC) atau laptop (43%), mereka adalah kaum muda berusia 18-24 tahun.

Andres menambahkan bahwa dalam riset yang sama, selain menunjukkan bahwa wanita lebih gemar bermain game, hasil riset Inside ID juga menunjukkan bahwa orang-orang berusia 45-54 tahun menyukai game bergenre tertentu. Mereka menyukai game bergenre strategi (80%). Mereka juga menyukai game genre lain, seperti adventure (40%), simulasi (40%), dan first-person shooting (20%).

 

Tentang Inside ID
Inside ID adalah lembaga riset pemasaran yang menyuguhkan pemahaman mendalam tentang perilaku yang dilakukan oleh orang Indonesia dari berbagai aspek. Melalui metodologi yang inovatif, Inside ID menganalisis dan memahami mengenai kebutuhan berbagai industri dari sudut pandang konsumen.


Tentang Growinc Group Indonesia

PT GrowInc Indonesia merupakan business solution partner yang bergerak di bidang periklanan yang menaungi empat unit bisnisnya, yaitu Inside ID sebagai unit optimization research, Growmint sebagai unit creative advertising, dan Nesvara sebagai unit event management partner. Saat ini, Growinc Indonesia sudah mendapatkan kepercayaan dari berbagai sektor industri untuk menangani strategi komunikasi pemasaran dan periklanan perusahaan baik berskala nasional maupun multinasional. Diantaranya adalah dari sektor otomotif, telekomunikasi, airlines, keuangan dan asuransi.